Senin, 03 Oktober 2016 11:54

LETUSAN GUNUNG BARU JARI BERDAMPAK PEMBATALAN BEBERAPA PENERBANGAN BALI

Banyak penumpang terpaksa batal terbang..

Sejumlah penerbangan ke dan dari Bali ditunda dan bahkan dibatalkan ketika Gunung Barujari di Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok meledak di Selasa, September 27, 2016. Sejumlah penerbangan antara Australia dan Bali dibatalkan ketika Gunung Rinjani meledak dan membuat ejeksi tunggal asap dan debu vulkanik dengan ketinggian 6.500 kaki. Sejumlah maskapai penerbangan internasional seperti Virgin Air, JetStar, Tiger Air, Korean Air dan Hong Kong Air juga dilaporkan melakukan pembatalan penerbangan ataupun penundaan.

Gunung Barujari yang merupakan anak Gunung Rinjani di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Debu hitam vulkanik akibat letusan gunung inipun hingga kini masih menghiasi langit.

Dilaporkan ratusan turis berada di area Rinjani ketika letusan Gunung Barujari pada tanggal 27 September silam terjadi. Namun pihak berwenang dengan sigap mengevakuasi dan mencari para wisatawan hingga akhirnya dilaporkan tidak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa meletusnya gunung barujari. Kepala Deputi Operasi Badan SAR Indonesia, Heronimus Guru, mengatakan bahwa sekitar 120 wisatawan, terutama wisatawan asing, sudah berada jauh dari puncak gunung dan sedang menuju ke bawah gunung ketika letusan terjadi.

Rinjani adalah salah satu gunung di antara sekitar 130 gunung berapi aktif di Indonesia. Kepulauan di Indonesia rentan terhadap letusan gunung berapi dan gempa bumi karena lokasinya yang berada di "Ring of Fire” Pasifik.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top