DIRGAHAYU INDONESIAKU !! Credit Pict by : Odog Yogie
Rabu, 17 Agustus 2016 11:03

DIRGAHAYU INDONESIAKU !!

Apa yang harus kita lakukan untuk menghargai jasa pahlawan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia ?

 

Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi negara kita Indonesia. Pasalnya tepat di tanggal ini, diproklamirkan oleh Ir. Soekarno bahwa Indonesia telah merdeka dan bebas dari bawah tangan penjajahan. Masyarakat Indonesia tentunya telah mengetahui bahwa tanggal 17 Agustus 1945 Hari Kemerdekaan Indonesia sebagai hari yang begitu bersejarah untuk bangsa ini, dimana tiap-tiap tahunnya ada perayaan yang juga sekaligus mengenang kembali tokoh-tokoh pahlawan yang mempunyai andil besar dalam catatan bersejarah bangsa Indonesia.

Untuk kita hargai, Proklamir Kemerdekaan Indonesia dulunya jadi satu khayalan dari setiap masyarakat di Indonesia, yang mana dulu setiap harinya rakyat tidak pernah tenang dari serangan-serangan tentara penjajah. Dan dengan di proklamirkannya Kemerdekaan Indonesia kala itu tentulah membuat seluruh rakyat Indonesia senang dan sedikit tenang. Maka itulah hari ini menjadi hari yang sangat monumental untuk kita semua.

Lalu, apakah Indonesia telah merdeka sepenuhnya? hal apakah yang harus kita lakukan untuk menghargai perjuangan para pahlawan terdahulu?

Indonesia adalah negara yang berdiri dengan penuh perjuangan dan tumpah darah. Banyak pahlawan yang gugur dalam pertempuran demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selama 3,5 Abad Indonesia dijajah oleh Belanda, dan oleh selama 3,5 tahun dijajah oleh Jepang. Bukan hal mudah untuk meraih kemerdekaan, akan tetapi jasa para pahlawan lah yang berhasil memerdekaan masyarakat Nusantara sehingga bebas dari jajahan negara asing dan menjadi negara yang bebas serta mandiri. Indonesia membuat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Pancasila sebagai falsafah hidup dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Adapun cara menghargai pengorbanan para pahlawan dan mempertahankan kemerdekaan negara kita dengan berbagai cara seperti berikut..

- Cintai dan lestarikan alam Indonesia : Dengan memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap negara kita, otomatis kita akan menjaga alam Indonesia seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan atau membakar hutan, mencemari pantai, ataupun melakukan hal buruk lainnya yang merugikan alam Indonesia.

- Cintai produk dalam negeri : Memiliki barang hasil luar negeri kini menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia, selain menaikkan derajat dapat juga membuat gengsi seseorang bertambah. Tapi siapa sangka, dengan mencintai produk luar negeri, secara tidak sadar kita telah memupuskan semangat kemerdekaan dalam negara kita sendiri dimana produk dalam negeri dipandang sebelah mata oleh masyarakat kita sendiri. Maka dari itu, pertahankan kemerdekaan Indonesia dengan mencintai produk dalam negeri.

- Saling menghargai antar agama, suku dan adat : Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam perbedaan dari mulai Agama, Budaya, suku, adat dll. Namun sayangnya, masih sering terjadi persengketaan antaragama, antarsuku dan antarbudaya. Andaikan masyarakat saling menghargai perbedaan, niscaya Indonesia akan semakin jaya. So, mulailah dari sekarang menjalin pertemanan dengan beberapa orang yang berbeda dengan kita dan cobalah untuk memahami dan menghargai perbedaan yang ada.

- Perkenalkan budaya Indonesia kepada khalayak luar negara : Kapanpun, dimanapun kalian memiliki kesempatan, cobalah untuk membagikan dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat luar Indonesia. Dengan memperkenalkan budaya kita kepada khalayak luar, otomatis kita membuat mereka tahu bahwa negara kita adalah negara yang kaya dan kuat yang memiliki keanekaragaman budaya yang memukau.

Di atas adalah sedikit bentuk guna menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang. Di era pasca kemerdekaan ini seluruh eleman masyarakat harus bisa belajar dalam menyikapi problematika zaman, dimana zaman telah berubah melalui globalisasi dan teknologi. Globalisasi dan teknologi adalah media yang sangat berperan di era sekarang ini, berbagai informasi di seluruh dunia dapat diakses dan mudah untuk dipelajari. Di sinilah peran generasi muda yang harus bisa memfilter budaya-budaya luar yang masuk, agar bangsa ini tetap utuh serta lestari dengan budaya dan tradisi yang ada.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top