INDONESIA KEDATANGAN 6.9 JUTA TURIS ASING SEJAK DIBERLAKUKANNYA FREE VISA UNTUK BEBERAPA NEGARA Pict by : webwisata.com
Senin, 25 Juli 2016 15:06

INDONESIA KEDATANGAN 6.9 JUTA TURIS ASING SEJAK DIBERLAKUKANNYA FREE VISA UNTUK BEBERAPA NEGARA

Persentase naik 10,29 persen dibandingkan tahun 2014 silam...

 

Indonesia tercatat telah menerima kurang lebih sekitar 6,9 juta kedatangan turis asing berkat diberlakukannya kebijakan free atau bebas visa bagi 169 Negara. Juru bicara Direktorat Jenderal Imigrasi Heru Santoso mengatakan 4.095.264 orang asing berasal dari 15 negara yang memiliki perjanjian timbal balik dengan Indonesia, sementara 2.881.945 tiba dari 144 negara yang tidak memiliki perjanjian seperti itu.

"Angka ini masih jauh dari target kami 20 juta wisatawan asing per tahun, tapi saya yakin jumlahnya akan meningkat di masa depan,"tutur Heru. Heru juga menambahkan ada beberapa negara yang meski telah memiliki izin bebas visa kunjungi Indonesia, namun belum ada daftar warganya yang berlibur ke Indonesia seperti Antigua dan Barbuda, Burundi, Republik Ceko, Gabon, Haiti, Kepulauan Marshall, Kiribati, Lesotho, Puerto Rico dan Saint Lucia. Oleh karena itu kampanye promosi masih sangat perlu dilakukan dengan intensif.

Kebijakan pembebasan visa masuk bagi turis dari beberapa negara yang bekerjasama telah diberlakukan semenjak bulan Juni 2015 lalu. Dimana diawali dengan 45 Negara dan kini jumlah negara yang bekerjasama sudah sebanyak 169 Negara. Dan menurut dari Kementerian Pariwisata, berkat kebijakan ini jumlah turis meningkat 10,29 persen dari tahun sebelumnya yakni 2014.

Tahukah kalian bahwa sektor pariwisata dan kedatangan turis sangatlah penting bagi sebuah negara? Karena selain menaikkan devisa negara, pariwisata juga mampu membuat lapangan kerja bagi warga Indonesia yang tinggal di daerah pariwisata bersangkutan. Tentunya juga membuat negara kita lebih dikenal dimata warga negara lain, karena memang negara kita ini memiliki banyak spot pariwisata yang indah dan masih alami.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top