Senin, 30 Mei 2016 10:48

15 FAKTA TENTANG PULAU KOMODO YANG MUNGKIN BELUM KALIAN TAHU

Beberapa fakta ini penting kalian ketahui sebelum mengunjungi pulau ini!!!

 

Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo ? sebuah permata di Nusa Tenggara Timur yang dikenal dengan Taman Nasional Komodo ini memiliki kombinasi langka yakni pemandangan spektakuler dan makhluk asli yang unik yang hanya ada di Indonesia yaitu komodo, yang ukurannya bisa mencapai 2 hingga 3 meter. Pulau ini juga termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Pulau spektakuler ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga menawarkan pengunjung untuk menikmati kegiatan di luar ruangan seperti diving, snorkeling dan trekking. 

Ada rencana untuk mengunjungi pulau ini ? Berikut fakta yang harus kalian tahu sebelum kalian pergi berpetualang di pulau ini..

 

1. Sebanyak 5965 komodo dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo, yang meliputi tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Rinca dan Padar. Pulau Komodo memiliki setidaknya 2.918 komodo, sedangkan sisanya tersebar di Pulau Rinca (2875), Gili Motang Pulau (92), Nusa Kuda Island (75) dan Pulau Padar (lima).

2. Selain wisatawan, taman Nasional Komodo ini juga merupakan tujuan populer bagi para ilmuwan dan naturalis yang ingin mempelajari evolusi hewan, seperti komodo yang hanya ada di Indonesia dimana Nusa Tenggara Timur memiliki populasi terakhir dari kadal besar, yang hidup di seluruh Indonesia dan Australia jutaan tahun yang lalu.

3. penjaga Taman tidak memberi makan naga; mereka membiarkan mereka berburu binatang seperti kambing dan burung, seperti di alam liar.

4. Komodo hidup soliter. Mereka tidak berkumpul dalam kelompok-kelompok dan mereka lebih memilih untuk berburu sendirian. (jadi jangan takut dikeroyok Komodo ya guys...hihi)

5. Sebagai hewan berdarah dingin, komodo mendaki bukit di taman untuk berjemur pada pagi hari, dan kemudian kembali ke daerah-daerah teduh untuk mendinginkan.

6. Komodo layaknya seperti manusia, mereka juga bisa stres ketika ada terlalu banyak orang di sekitar. Pengawal taman akan segera memperingatkan pengunjung untuk menjauh dari hewan ini ketika hal ini terjadi.

7. Para komodo biasanya kawin antara bulan Juni dan Juli. Dan pada bulan September, betina dapat meletakkan hingga 15-30 telur setelah membuat sarang yang dibuat dari bulu kalkun yang disimpan didalam lubang sedalam dua meter. Pada bulan ini sekitar 70-80 sarang dapat kalian temukan di Pulau Rinca.

8. Untuk mengurangi risiko predator seperti ular atau babi hutan memangsa telur, komodo betina menggali beberapa lubang tambahan di dekat sarang mereka yang merupakan upaya untuk menyamarkan lubang sarang sebenarnya. Lubang ini akan dibuat semirip mungkin sampai sampai ibu Komodo bisa bingung dalam mengenali yang asli.

9. Para ibu menginkubasi telur mereka selama tiga bulan dan kemudian meninggalkan sarang, dan kembali setelah sembilan bulan kemudian ketika telur akan menetas. Menariknya, dikatakan bahwa Komodo betina hanya peduli tentang telur mereka, bukan setelah menetas.

10. Setelah menetas, bayi Komodo yang baru lahir memanjat pohon untuk menghindari predator dan bertahan hidup dengan memakan kadal, ular kecil dan tinggal di pohon-pohon sampai mereka mencapai 3 sampai 5 tahun.

11. Komodo adalah Kanibal yang bisa memakan rekan sejenisnya.

12. Ketika merasa terancam, Komodo dapat membuat serangan mendadak. Ketika hal ini terjadi disarankan kalian untuk tetap tenang jika didekati oleh Komodo yang marah. Jangan panik dan tidak bergerak. Diam karena Komodo dapat berjalan dengan langkah yang sangat luas dan kalian tidak akan dapat menjauh dari hewan ini. Ikuti setiap langkah yang diarahkan oleh pengawal kalian di situasi seperti ini.

13. Pantai merah muda yang terkenal dapat ditemukan di Pulau Komodo, dimana binatang hidup di alam liar. Disarankan kalian tidak melakukan perjalanan terlalu jauh dari pantai karena kalian kemungkinan besar akan bertemu komodo di bukit-bukit sekitarnya. Ingat di pulau ini kalian harus selalu didampingi pengawal resmi Pulau Komodo.

14. Hindari digigit oleh Komodo karena mereka memiliki air liur beracun yang mengandung bakteri mematikan. Mereka biasanya menggigit mangsanya dan kemudian mengikutinya mangsanya sampai bakteri bekerja.

15. Pengunjung secara ketat disarankan untuk mematuhi semua aturan di taman nasional dan dan tetap bersama kelompok demi keselamatan mereka sendiri. Wanita yang sedang menstruasi harus memberitahu ranger karena komodo sangat sensitif terhadap bau darah.

 

Nah guys.. sudah tahu kan beberapa fakta tentang pulau ini. Rada ngeri ya..tapi jangan khawatir guys, di pulau ini tersedia pengawal pengawal atau disebut Rangers yang terlatih bertahun tahun dan tentunya tahu benar kebiasaan para hewan jumbo ini. Jika kalian datang ke pulau ini wajib bersama si pengawal ya untuk keselamatan kalian. So..guys tes adrenalin kalian dengan berpetualang di Pulau Komodo!!!

 

 

Sumber : www.thejakartapost.com

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top