Selasa, 08 Maret 2016 08:38

APA SAJA YANG BISA KAMU LAKUKAN DI KALA NYEPI DI BALI

Besok Bali akan gulita dan damai jauh dari keramaian...

Besok tanggal 9 Maret, seluruh umat Hindu di Indonesia dan dunia merayakan hari raya Nyepi. Khususnya di Bali dimana notabene warga masyarakatnya memeluk agama Hindu, tentunya akan terasa suasana yang berbeda. Di Bali yang budaya dan agamanya masih sangat kental, benar benar melarang adanya cahaya lampu, kendaraan berlalu lalang ataupun suara berisik dari televisi/radio dalam rumah. Besok semua akan senyap, terhening dalam kedamaian gulita memanjatkan doa dan puja.

Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta).

Masyarakat Bali juga menerapkan untuk siapa saja yang ada di Bali meskipun beragama non Hindu atau turis untuk menghargai dan menjalani ritual yang sama alias berdiam diri dirumah tanpa lampu dan suara bising.

Untuk kalian yang mungkin berada di Bali besok pada saat Nyepi, berikut Pemburu Ombak memiliki beberapa ide untuk kalian bisa enjoy Nyepi di Bali..

- Sebelum Nyepi biasanya Masyarakat melakukan serangkaian ritual beberapa hari sebelum Nyepi seperti misalnya Tiga atau dua hari sebelum Nyepi, mereka melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam. upacara ini sangat menarik untuk kalian saksikan, Dengan begitu kalian akan mengerti betapa tulusnya penghayatan mereka terhadap agama, budaya dan leluhurnya sehingga membuat kita dengan senang hati akan menghargai hari Raya Nyepi dengan turut berpartisipasi dalam keheningan yang diharuskan.

- Belanja dan siapkan semua kebutuhan pangan kalian dan juga barang barang penting seperti obat obatan, gas, air galon, dan semua kebutuhan terpenting. Karena pada saat Nyepi kalian tidak diperbolehkan untuk keluar rumah atau hotel biarpun hanya selangkah.

- Siapkan juga pulsa dan internet untuk membunuh waktu agar kalian tidak merasa sepi.

- Siapkan headset untuk kalian sambungkan ke hanphone kalian untuk mendengarkan musik.

- Siapkan nomor penting seperti ambulance, Rumah sakit atau UGD. Jika nanti ada sesuatu, RS ataupun UGD tetap beroprasi seperti biasa , salah satunya adalah RSUD Sanglah.

- Tidurlah lebih awal.

- Jika semua mungkin berat dilakukan, menginaplah di hotel karena banyak hotel yang menawarkan Nyepi Package dengan beragam harga sehingga kalian tak perlu susah susah untuk bergelap gelapan di rumah atau homestay.

 

Pemburu Ombak mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan..

Item terkait

Scroll To Top