Minggu, 31 Januari 2016 00:00

FAJAR TERINDAH AKAN HADIR DILANGIT INDONESIA HINGGA 20 FEBRUARI

5 Planet akan tampak di angkasa dan bisa disaksikan dengan mata telanjang..

Warga Indonesia berkesempatan menyaksikan fajar terindah dengan tampilan 5 planet yang bisa disaksikan dengan mata telanjang alias tanpa teleskop. Planet yang bisa disaksikan antara lain Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Lima dari delapan planet anggota tata surya ini akan terlihat sekaligus sebelum matahari terbit. Seluruh Indonesia bisa melihatnya.

Fenomena ini merupakan kejadian langka dan tak setiap saat terjadi. Sebelumnya sempat terjadi fenomena ini pada tahun 2004. Jadi, sangat disayangkan jika kalian melewatkan fenomena ini.

Berdasarkan aplikasi astronomi Stellarium, Venus merupakan planet yang akan tampak paling terang. Magnitudonya -3,4. Magnitudo menyatakan kecemerlangan benda langit, makin kecil nilainya, makin terang penampakannya. Sedangkan Jupiter akan menjadi paling terang yang kedua dengan magnitudo 1,95. Planet Jupiter ini merupakan satu-satunya yang akan tampak di sisi barat.

Merkurius dan Saturnus magnitudonya 0,21 dan 0,73 dan mungkin kurang begitu terang namun masih tetap bisa dilihat dengan mata telanjang. Sedangkan Mars, tentunya kalian dapat membedakan dengan mudah karena warnanya yang kemerahan.

 

Bagaimana cara mengamatinya ?

Kunci tampaknya benda langit, adalah cuaca, magnitudo, halangan, dan tingkat kegelapan di masing-masing lokasi. Cuaca dan magnitudo sangat berpengaruh. Jika mendung, kalian harus mencari lain waktu untuk mengamati. Tapi jangan khawatir, karena kalian punya waktu hingga tanggal 20 Februari untuk bisa menikmati pemandangan langit fenomenal ini.

Lokasi memandang yakni pilihlah tempat yang minim halangan seperti lapangan, atap rumah /teras atas rumah, tepi pantai. Namun juga kalian harus mempertimbangkan kondisi cahaya di sekitar. Misalnya di desa yang gelap akan lebih mudah menyaksikan dibanding di kota yang banyak memiliki lampu di sekitar.

Salah satu cara membedakan bintang dan planet adalah, bintang berkedip sedangkan planet tidak.

Waktu pengamatan terbaik adalah sekitar pukul 4.30 - 5.00 pagi. Pengamatan setelah pukul 5.00 mungkin akan sulit karena terang cahaya matahari akan memburamkan planet. Selamat berburu planet!

 


Item terkait

Scroll To Top