Item terkait

Minggu, 06 Desember 2015 00:00

UNESCO MENGAKUI TARI BALI SEBAGAI WARISAN DUNIA

Sembilan tarian tradisional Bali telah ditambahkan ke Daftar Representatif UNESCO sebagai Warisan Budaya yang diakui dunia.

Keputusan ini diumumkan pada hari Rabu selama sidang tahunan ke-10 tentang Pengamanan warisan budaya bukan benda oleh badan PBB, yang berlangsung di Windhoek, Namibia. Menurut kepala departemen kebudayaan pemerintah provinsi Bali, Dewa Beratha, tarian tradisional diakui sebagai warisan dunia oleh Unesco termasuk Tari Barong Ket, Tari Legong Keraton, Tari Baris Upacara dan Tari Rejang. "Tarian ini mewakili seluruh tari [spektrum] yang ada di Bali, dalam hal konsep sejarah mereka, fungsi dan model tarian," katanya.

Dalam sebuah pernyataan, Unesco mengatakan bahwa tarian dinominasikan dibagi menjadi tiga genre: suci, semi-sakral dan tarian yang dimaksudkan untuk kesenangan oleh masyarakat pada umumnya. "Tarian terinspirasi oleh alam dan melambangkan tradisi tertentu, kebiasaan dan nilai-nilai agama," . "Mereka menggabungkan berbagai gerakan yang berbeda ... semua disertai dengan musik gamelan."tutur pihak UNESCO.

Menanggapi pengumuman ini, Dewa mengungkapkan bahwa itu akan menjadi tanggung jawab pemerintah serta masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan tradisi tari di Bali. [Keputusan UNESCO] ini tidak akan hanya menyediakan Bali dengan pengamanan untuk pelestarian tarian tradisional, tetapi juga manfaat ekonomi di masa depan.

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top