Item terkait

Jumat, 16 Oktober 2015 13:13

Berwisata bawah laut di pulau Sepa

Buktikan keindahan bawah laut Pulau Sepa!!

Pulau Sepa merupakan salah satu dari Taman Nasional Laut di Kepulauan Seribu. Pulau ini dapat menjadi destinasi wisata bagi kalian yang mencintai alam terutama laut. Di sekitar Pulau Sepa juga terdapat beberapa pulau lain yang saling berdekatan. Salah satunya Pulau Harapan. Untuk kalian khususnya warga Jakarta, bisa menempuh Pulau Sepa ini dari Marina Ancol Jakarta menggunakan speed boat, waktu tempuhnya sekitar 90 menit (1,5 jam) atau berjarak kurang lebih 65 km dari dermaga Marina Ancol.

Pulau Sepa memiliki pemandangan yang sangat indah. Disini kalian bisa berenang di pantai, snorkeling, hingga scuba diving (tentunya dengan biaya tambahan untuk diving). Selain itu pula tersedia beberapa paket permainan air (water sport) yang juga bisa dinikmati seperti jet ski, banana boat, kanoe, flying fox, waterski, glass board dan sebagainya (dengan biaya tambahan sesuai jenis permainan). Di Pulau ini tidak tersedia rumah penduduk, hanya ada hotel atau resort yang siap menerima kalian dengan paket menginap plus sarapan dan makan siang. 

Spot snorkeling yang direkomendasikan di pulau ini berada tepat disebelah kanan dermaga (dari arah kedatangan). Untuk menuju spot snorkelingnya dapat dilakukan dengan berenang dari tepian pantai pasir putihnya menuju ke arah laut lepas. Hanya berjarak beberapa meter setelah berenang, maka sudah bisa terlihat terumbu-terumbu karang yang ada di underwaternya.

Hal yang perlu diwaspadai saat berenang menuju spot snorkelingnya adalah, banyaknya bulu babi yang bertebaran di tepi pantainya. Sebenarnya ini tidak masalah sepanjang kita berenang diatas permukaan airnya dan bukannya berjalan untuk menuju spot snorkelingnya. Hanya saja, berhubung kedalaman pantainya yang masih dangkal di tepi pantainya, maka harus benar-benar waspada karena jarak antara badan kita diatas permukaan air dengan dasar lautnya sangat dekat sekali (dangkal). Tipsnya adalah, berenanglah dengan tenang, jika perlu hanya menggerakkan tangan saja, hindari menggerakkan kaki agar terhindar dari terkena ujung duri bulu babi tersebut. Cara ini lumayan ampuh untuk dapat bergerak maju ke arah terumbu karangnya di kedalaman yang lebih tinggi.

setelah sampai di spot terumbu karangnya, nampak pula kontur underwaternya yang semakin dalam, bentuknya seperti tebing terjal dengan kedalaman lautnya yang lumayan tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya pakailah pelampung supaya lebih aman dan jangan melewati batas tali/balon yang sudah dipatok agar terhindar dari dalamnya laut dan kemungkinan arus yang semakin kuat.

Kalian akan terpana oleh keindahan kehidupan bawah laut di Pulau ini.. So guys, Pulau Sepa wajib kalian kungjungi nih!!

 

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top