Item terkait

Jumat, 02 Oktober 2015 12:03

EKSOTISME PULAU KOMODO WAJIB KALIAN SAMBANGI

Pulau ini dihuni sekitar 2500 Komodo !

Takkan ada habisnya jika kita berbicara tentang keindahan dan keragaman wisata Indonesia. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, danau, bangunan budaya ataupun lainnya banyak tersedia di Indonesia. Salah satu destinasi yang wajib kalian sambangi adalah Pulau Komodo. Pulau ini merupakan habitat asli komodo. Komodo bukan kadal biasa yang bisa hidup dimana saja. Diperkirakan ada kurang lebih 2500 komodo di pulau ini. Keunikan yang dimiliki komodo antara lain air liurnya yang beracun dan mematikan. Sensasi yang menakjubkan saat melihat komodo dari jarak dekat (dengan pemandu) merupakan salah satu keistimewaan yang ditawarkan pulau ini.

Sejarahnya Pulau komodo ini ditemukan pada tahun 1910 oleh Letnan Steyn Van Hens Broek yang pergi ke Pulau Komodo untuk membuktikan laporan pasukannya yang mengatakan kalau ada binatang semacam naga di pulau ini. Lalu Broek bersama pasukannya yang sudah terlatih memutuskan untuk datang ke pulau ini untuk memburu binatang tersebut. Dia dan pasukannya berhasil membunuh satu komodo yang kemudian difoto dan dikirim ke Botanical Garden di Bogor. Dan pada tahun 1912 adalah tahun pertama kalinya keberadaan komodo ini diketahui secara umum. Melalui jurnal yang ditulis oleh Peter A. Ouwens (Direktur Museum Zoologi di Bogor) dan dimuat di surat kabar harian milik Hindia Belanda. Lalu pada tahun 1915, pemerintahan Belanda mulai melarang pemburuan komodo karena khawatir binatang ini akan punah.

Pada Tahun 2009, pulau Komodo terpilih sebagai salah satu finalis dari 7 keajaiban dunia versi New7Wonders. Hal ini menunjukkan bahwa pulau yang terletak di Selat Sape, sebuah selat antara pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki keistimewaan tersendiri.

Selain bisa melihat komodo sebagai hewan yang cukup langka, kelebihan lainnya yang ditawarkan pulau ini adalah panorama alamnya yang indah, diantaranya adalah keindahan laut yang masih bersih dan biru, hutan mangrove, padang rumput savana, dan pantai pasir merah muda. Ya, di pulau ini ada kawasan pantai dimana pasirnya tidak berwarna putih melainkan berwarna merah muda (pink). Diperkirakan, di dunia ini hanya ada 7 pantai yang berwarna pink. Langka sekali bukan?

Bila ingin bersantai di pantai ini, tentunya kamu harus melihat-lihat terlebih dahulu karena komodo-komodo yang ada di pulau ini senang sekali berjemur di area pantai pasir pink. Namun biasanya bila ingin bersantai di sana, kamu akan ditemani oleh seorang petugas pemandu. Kamu juga bisa melakukan diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan laut di pulau komodo. Dengan segala keindahan yang ditawarkan, sangatlah pantas bila pulau Komodo dijadikan sebagai pilihan utama tempat wisata di Indonesia yang patut dikunjungi.


 

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top