Item terkait

Selasa, 15 September 2015 16:17

MANJAI MATAMU DENGAN PEMANDANGAN KAWAH IJEN

Fenomena 'Blue fire' Kawah Ijen sungguh mempesona...

Siapa yang belum tahu Kawah Ijen dengan fenomena 'Blue Fire' nya ? Objek wisata yang berada di Banyuwangi - jawa Timur ini sudah terkenal luas dan berdengung di telinga para wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya. Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen, letak tepatnya di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, ini adalah satu keindahan gunung berapi di Indonesia yang wajib dilihat, terutama bagi pecinta fenomena alam. Kawah ijen ini berada pada ketinggian 2388 meter di atas permukaan laut.

Perjalanan untuk menyaksikan keindahan Kawah Ijen memang tidak mudah, apalagi bagi kalian yang bukan seorang pendaki gunung. Kalian harus berjalan kaki sepanjang tiga kilometer. Medan yang ditempuh juga mendaki, bahkan sekitar 1,5 kilometer di antaranya, adalah jalan yang menanjak 45 derajat.

Waktu terbaik mendaki Gunung Ijen adalah di musim kemarau, sekitar bulan Mei hingga Oktober, saat dini hari hingga pagi. Kalau kita bisa tiba di puncak kawah sebelum matahari terbit, kita dapat menyaksikan “Blue Fire” atau “Api Biru, sebuah fenomena alam yang sangat indah. “Blue fire” memang menjadi tujuan sebagian besar para pengunjung. Api berwarna biru tersebut adalah api yang tercipta dari semburat belerang cair dari dalam kawah Ijen. Panasnya kawah yang berpadu dengan belerang menciptakan efek api berwarna biru di permukaan. Fenomena ini hanya bisa disaksikan sebelum matahari terbit. Oleh karena itu, kita harus melakukan pendakian, setidaknya mulai pukul 01.00 dari pos Paltuding.

Kawah Ijen adalah satu-satunya kawah di Indonesia yang memiliki fenomena alam “blue fire”. Di dunia, hanya ada dua tempat yang memiliki Blue Fire yakni di Indonesia dan satu lagi di Islandia.

Blue fire adalah sebuah fenomena, yang mampu membuat kita ternganga dan kagum terus menerus. Semburat panas dari kawah mengeluarkan kilatan api berwarna biru. Menjilat-jilat udara di atasnya. Dijamin rasa lelah mendaki, rasa gigil karena angin dingin pegunungan, semua sirna dan hilang saat melihat keindahan di bawah sana.

Saat matahari terbit, kalian akan melihat keindahan lainnya, yaitu danau kawah Ijen dengan jelas. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi sekitar 2500 tahun lalu itu, memiliki air berwarna hijau toska. Sungguh indah. Danau kawah Ijen adalah danau yang memiliki keasaman tinggi, dan merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Dengan kedalaman hingga 200 meter dan luas lebih dari 5000 hektar, danau kawah ijen adalah sebuah fenomena.

Nah Guys,,tertarik untuk berkunjung ke Kawah Ijen ?


Cam - Cimaja Live

Scroll To Top