Item terkait

Sabtu, 25 Juli 2015 23:24

GEMPA BUMI DI CIAMIS - JAWA BARAT

Gempa melanda 15 wilayah, Warga dibuat panik di tengah subuh.

 

Gempa sekuat 5,7 skala ritchter mengguncang daerah Ciamis, Jawa Barat pada Hari Sabtu dini hari. Getaran ini kuat terasa hingga ke wilayah Jawa Timur. Hal ini dikarenakan pusat gempa cukup dalam di Samudra Hindia yakni 10 kilometer, namun tidak merusak wilayah yang terdampak.

Menurut banyak laporan dari warga sekitar lama gempa sekitar 20 detik namun dirasakan cukup kuat. Warga di Ciamis yang sebagian baru bangun tidur langsung berhamburan ke luar rumah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri telah resmi menyatakan bahwa gempa terjadi sekitar pukul 04.44 WIB dengan pusat gempa di Samudra Hindia di kedalaman 10 kilometer pada 4 lokasi terpisah. Di antaranya berada di 111 km Tenggara Ciamis Jawa Barat, 115 km Tenggara Cilacap Jawa Tengah, 117 km Barat Daya Kebumen Jawa Tengah dan 147 km Barat Daya Yogyakarta.

Dilaporkan getaran gempa ini sampai terasa di 15 daerah yakni Tasikmalaya, Kota Ciamis, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Purbalingga, Kota Yogyakarta, Gunungkidul, Bantul, Prambanan Klaten, Solo, Magelang, Wonogiri, Pacitan, dan Ponorogo.

Berdasarkan pengamatan dan Informasi dari BMKG, gempa yang terjadi kemarin tidak berpotensi tsunami. Namun, belum diketahui ada tidaknya korban jiwa dan belum ada laporan mengenai kerusakan akibat persitiwa tersebut.

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top