Item terkait

Senin, 06 Juli 2015 13:58

MULAILAH BERPARTISIPASI AKTIF DALAM MELESTARIKAN LAUTAN

Sudah saatnya bagi kita mencurahkan separuh waktu kita untuk melestarikan lautan.

Diperkirakan pada tahun 2050, populasi dunia kemungkinan akan meningkat menjadi sekitar 12 miliar orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen populasi akan hidup kurang dari 60 kilometer jauhnya dari laut. Kegiatan pertanian dan industri yang diperlukan untuk mendukung populasi ini akan meningkatkan tekanan yang signifikan pada wilayah pantai.

 

Polusi dan laut seperti minyak dan air.

 

 

Salah satu dampak yang signifikan dari aktivitas manusia di lautan adalah pencemaran laut. Ini bukan saja pencemaran minyak hanya dari pembuangan limbah yang illegal. Namun termasuk juga polusi limbah domestik, limbah industri, limpasan dari permukaan perkotaan dan industri, ledakan (bom nelayan), limbah pertambangan, nutrisi dan pestisida dari pertanian, sumber panas dan pembuangan radioaktif. Sekitar 44 persen polutan dari daratan memasuki laut. Maka dari itu diperlukan kesadaran seluruh manusia untuk melestarikan dan menjaga lautan kita dari polusi. Karena jika didiamkan semakin lama akan semakin menggerogoti kualitas lautan beserta populasi di dalamnya. Dan jika begini, tentu imbasnya akan kembali lagi ke manusia.

 

Polutan Organik persistent (POP'S)

Yang Mengkhawatirkan, makanan dari laut yang dikonsumsi oleh manusia dipengaruhi oleh polutan organik yang persisten (POPs). Banyak Ikan cenderung menumpuk POPs dalam tubuh dan dapat mentransfernya ke konsumen manusia. Ketika ikan diolah menjadi makanan atau minyak ikan, dan kemudian digunakan sebagai makanan hewan lain, ini dapat menjadi faktor yang sempurna bagi POPs masuk ke tubuh manusia.

Dalam klip di bawah ini, kita bisa melihat inisiatif dari sekelompok peselancar Eropa dalam membuat crowdfunding yang bertujuan untuk mengaktifkan dan menyadarkan orang orang agar mendukung pelestarian lautan dan mengurangi peningkatan polusi yang disebabkan oleh manusia. yuk, Mari sama sama melestarikan lautan !

 

 

 


Cam - Cimaja Live

Scroll To Top