Item terkait

Sabtu, 04 Juli 2015 10:53

MASYARAKAT YOGYA MEMBANTU MELESTARIKAN PENYU LAUT

Hewan langka patut dilestarikan, kesadaran masyarakat Yogya patut diacungi jempol.

 

Ditemukan beberapa penyu laut di kawasan pesisir pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan mereka akan bertelur.

"Setidaknya kami sudah mengamankan sarang penyu di kawasan konservasi Pantai Gua Cemara dan Pantai Pelangi Kabupaten Bantul. Diperkirakan penyu-penyu tersebut mulai bertelur pada Juni kemarin," kata Ketua Jajaran Relawan untuk Melestarikan Penyu Bantul, Ferry Munandar. Dia mengatakan, di Pantai Pelangi ada 3 sarang yang ditemukan. Sedangkan di Pantai Gua Cemara baru ada 1. "Di Pantai Pelangi, salah satu sarangnya ada 94 butir telur".

Penyu laut berpotensi bertelur di pesisir pantai sepanjang DIY. Akan tetapi berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, paling tinggi adalah di 2 pantai tersebut, yaitu Pelangi dan Gua Cemara di Kabupaten Bantul. Telur dari satwa dilindungi itu memiliki umur sekitar 50 hari. Baru kemudian menetas dan menjadi tukik. Tukik-tukik itu lalu dilepasliarkan ke laut kembali untuk menjaga populasi hewan yang menjadi sasaran perburuan untuk diambil daging maupun cangkangnya itu.

Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumber Dalam Alam (BKSDA) Yogyakarta, Titik Sudaryanti mengatakan, kesadaran warga di pesisir pantai selatan mengenai pelestarian penyu cukup bagus. "Selain di Pantai Gua Cemara juga di Kulon Progo kesadaran masyarakat setempat dalam pelestarian penyu ini cukup bagus," ujar Titik.

Hewan langka patut dilestarikan, kesadaran masyarakat Yogya patut diacungi jempol. Dan kami pemburuombak.com mengajak kalian para pecinta laut dan alam untuk terus melestarikan kehidupan yang ada di lautan atau pun keindahan alamnya.

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top