Item terkait

Sabtu, 18 April 2015 00:00

JANGAN REMEHKAN AIR PUTIH !

 

Apa sih manfaat sebenarnya dari air putih?

 

 

Sebagai manusia, kita tentunya memrlukan cairan yang cukup untuk tubuh kita agar tidak mengalami dehidrasi. Untuk kalian yang suka olahraga seperti surfing, tentunya juga perlu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kalian. Kali ini pemburuombak.com mecoba memperingatkan kalian betapa pentingnya minum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kalian. Kami yakin beberapa dari kalian sudah tahu apa manfaat dari si Air putih ini. Nah..untuk kalian yang belum tahu, simak nih beberapa manfaat minum air putih dengan cukup :)

 

Menghilangkan dehidrasi dan haus - Untuk manfaat ini tentunya kalian sudah pada tahu ya :) Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih? tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh - Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan energi - Apa yang terjadi jika kalian tidak mengkonsumsi air yang cukup, terlebih saat surfing atau olahraga lain? efek pertama yang dirasakan tentu adalah lelah. Otot yang kekurangan air tidak akan dapat bekerja optimal yang menyebabkan terjadinya kelelahan. Penting banget kan sebelum dan setelah surfing jangan lupa minum air putih ya :)

Membantu mengeluarkan racun - Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air? padahal kedua proses ini adalah salah satu mekanisme tubuh dalam membantu menghilangkan racun. Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Menjaga fungsi ginjal - Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya.

Meningkatkan produktivitas - Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga (menrefresh tubuh) agar kembali dapat bekerja secara normal dan tinggi. So buat kalian yang mungkin harus kerja setelah surfing, penting nih minum air putih biar tubuh kalian tetap fresh dan berstamina.

Meningkatkan fungsi otak - Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga (menrefresh tubuh) agar kembali dapat bekerja secara normal dan tinggi. Wah bagus nih buat kalian para surfer untuk makin fokus dan konsen dalam membaca ombak dan surfing jadi lebih baik :)

Anti sakit kepala atau Migrain - Lucu gak sih kalo lagi asik surfing tiba-tiba sakit kepala atau migrain melanda ? Makanya minum air putih yang cukup :) Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

 

Tips agar dapat minum air putih yang banyak :

- Berolahraga atau surfing karena pasti akan memerlukan minum yang lebih banyak

- Selalu bawa botol minum dimanapun kalian berada

- Konsumsi buah-buahan kaya air seperti semangka, jeruk, dan sebagainya.

Nah itulah beberapa manfaat dari air putih. Tentunya masih banyak manfaat lainnya :) Ada banyak manfaat minum air putih yang baik untuk tubuh dan kesehatan manusia, jadi ada baiknya kalian meminum air yang cukup setiap hari. So guys, jangan lupa minum air putih minimal 2 liter/hari ya ! itu menurut standart kesehatan lho :)

 

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top