Item terkait

Kamis, 16 April 2015 00:00

RENCANA PAJAK MENTAWAI

Rencana pemberlakuan pajak untuk sektor pariwisata Mentawai.

Kabupaten Mentawai dan dewan legislatif sedang mempersiapkan tiga peraturan baru yang ditujukan untuk menekan pendapatan dari surfing yang terkenal di dunia dan pelaku pariwisata, dikarenakan kabupaten mendapatkan nol keuntungan dari banyaknya pengunjung yang datang ke Mentawai. Mentawai Dianggap sebagai salah satu lokasi surfing terbaik di dunia dan Telah dikunjungi oleh sekitar 5.000 peselancar asing Setiap tahunnya sejak tahun 1990-an. Tahun lalu, lebih dari 7.000 peselancar mengunjungi pulau ini.

Bulan lalu, Kabupaten Kepulauan Mentawai mengajukan tiga rancangan peraturan. Yakni tentang pariwisata, manajemen dan promosi atraksi surfing dan olahraga, dan pengumpulan pajak rekreasi, untuk disetujui oleh dewan kabupaten.

Setelah ini disetujui,kemudian pihak kabupaten akan mengatur pemungutan pajak untuk setiap kapal pesiar yang berlabuh di Mentawai, peselancar, restoran, dan homestay. Peraturan ini diadopsi dari surga wisata bahari Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat. "Berdasarkan Perkiraan, kita bisa mendapatkan setidaknya Rp 35 miliar [US $ 2,7 juta] Setiap tahun dari pajak dan peraturan baru ini" kata Rijel.

Tata cara baru ini diharapkan bisa efektif pada 2016. Tidak hanya pemungutan pajak yang akan diberlakukan, namun Pelaksanaan peraturan ini akan Disusul oleh pembangunan fasilitas pendukung yang memadai seperti di sejumlah lokasi surfing, dermaga, fasilitas kesehatan dan jalan, serta moda transportasi dan keamanan. Kepulauan Mentawai memiliki pantai yang indah dan secara konsisten merupakan tempat Berkunjung para turis terutama surfer karena ombaknya yang terkenal konsisten dan berkelas dunia. Ada sekitar 400 tempat surfing di Mentawai, dengan 13 dari Mereka menawarkan gelombang skala kompetisi internasional dari 6 meter hingga lebih. Spot yang sudah banyak dikenal oleh surfer luar negeri seperti di sekitar Nyang Nyang, Karang Majat, Karoni, Mainuk dan pulau-pulau Katiet.

 

Mudah-mudahan perencanaan ini akan memajukan pariwisata Mentawai, namun tidak merugikan turis domestik yang ingin berkunjung ke Mentawai.

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top