Jumat, 19 Januari 2024 08:52

Kesehatan Mental Untuk Peselancar Meningkatkan Ekonomi Global Sebesar 1 Triliun Dolar AS per Tahun

Studi ini merujuk pada free surfing untuk tujuan rekreasi. Menurut penelitian dari Universitas Griffith di Australia dan Universitas Andrés Bello...

 

Studi oleh Universitas Griffith dan Andrés Bello mengungkap dampak positif berselancar terhadap kesehatan mental para praktisinya. Hal ini berkontribusi sebesar US$ 1 triliun setiap tahunnya untuk ekonomi global.

Studi tersebut memperkirakan bahwa, misalnya di Gold Coast, Australia, berkisar antara 1,0 hingga 3,3 miliar dolar, dengan kesehatan mental menyumbang 57 hingga 74% dari total manfaat ekonomi tahunan yang disumbangkan oleh industri selancar. Riset yang dipublikasikan di NPJ Ocean Sustainability menekankan nilai ekonomi yang signifikan yang berasal dari kesejahteraan mental para peselancar.

 

Pengurangan stres melalui berselancar dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja, mengurangi biaya perawatan kesehatan mental.

 

Kesehatan mental peselancar / di balik penghematan biaya kesehatan mental:

Profesor Ralf Buckley menekankan fokus studi pada estimasi nilai ekonomi dari manfaat kesehatan mental yang berasal dari berselancar rekreasi. Mengakui adanya variasi dalam hasil kesehatan mental di antara para peselancar, danmenyoroti potensi berselancar sebagai hal adiktif utnuk mengurangi stres.

 

Peran berselancar dalam produktivitas di tempat kerja:

Buckley juga menekankan pengurangan stres karena berselancar dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja, mengurangi biaya perawatan kesehatan mental. Dampak ekonomi ini signifikan, menunjukkan nilai dari aktivitas rekreasi tersebut untuk kesejahteraan mental.

 

Biaya kesehatan mental berkurang sejauh 10% karena efek berselancar.

 

Gold Coast Australia sebagai Studi Kasus:

Evaluasi ekonomi Gold Coast mempertimbangkan pengaruh berselancar terhadap pilihan gaya hidup, tempat tinggal, dan pekerjaan, menciptakan efek ekonomi sekunder. Di sana, populasi peselancar telah berlipat ganda dalam lima tahun terakhir, studi ini mengkaji hubungan erat antara manfaat berselancar, pantai, dan ekonomi sebagai pengaruh yang lebih luas di Gold Coast.

 

Perhitungan nilai berselancar untuk kesehatan mental:

Studi ini menggunakan perhitungan dalam ekonomi kesehatan untuk taman dan ruang hijau, dan menerapkannya pada berselancar. Dengan menggunakan metode perkiraan produktivitas + perawatan kesehatan, penelitian ini memperkirakan peningkatan 10% dalam produktivitas per kapita di tempat kerja dan pengurangan 10% untuk biaya kesehatan mental karena efek berselancar.

Estimasi yang dibawa oleh Profesor Buckley ini menekankan kebutuhan untuk evaluasi yang lebih akurat pada skala lokal, di mana harus dilakukan pemantauan pada manfaat kesehatan mental dan faktor-faktor pengaruh di antara para peselancar selama beberapa tahun.

Studi ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, khususnya SDG14 (Samudra), menekankan nilai ekonomi berselancar sebagai argumen untuk konservasi pesisir.

Lihat artikel asli disini.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top