Jumat, 24 November 2017 00:42

Prancis Resmi Melarang Penggunaan Alat Makan Plastik

Dengan peraturan baru ini, menjadikan Perancis sebagai negara teladan alias negara pertama yang berani melangkah untuk memberantas penggunaan plastik.

Suatu langkah positif dilakukan oleh Negara Perancis. Pasalnya Negara pemilik menara Eiffel ini telah meresmikan undang-undang baru yang melarang penggunaan alat makan sekali pakai yang terbuat dari plastik. Peraturan tersebut akan diberlakukan mulai 2020. Semua alat makan sekali pakai yang terbuat dari plastik, seperti piring, gelas, sendok, garpu dan pisau, sama sekali tidak boleh digunakan. Perusahaan penyedia alat makan ataupun restoran diwajubkan menggunakan material yang ramah lingkungan dan bisa terurai secara alami di alam.

Dengan peraturan baru ini, menjadikan Perancis sebagai negara teladan alias negara pertama yang berani melangkah untuk memberantas penggunaan plastik. Asosiasi Kesehatan dan Lingkungan Prancis (ASEF) mencatat, 150 gelas plastik terbuang setiap detik di negara itu. Jika diakumulasi, sampah gelas plastik mencapai 4,37 miliar per tahun. Hanya satu persen dari mereka yang didaur ulang, kebanyakan karena mereka terbuat dari campuran polipropilen dan polistiren.

Pada Juli, Prancis memberlakukan pelarangan total penggunaan kantong plastik ringan di kasir supermarket. Hal ini juga sudah dilakukan di beberapa Negara. Bangladesh menjadi negara pertama yang melarang penggunaan kantong plastik pada 2002. Kemudian Negara-negara seperti Afrika Selatan, Kenya, Tiongkok, Rwanda dan Meksiko juga mengikuti tuntutan itu, termasuk juga negara bagian tertentu di Amerika Serikat.

Para ilmuwan memperkirakan sekira delapan juta ton limbah plastik berakhir di samudera pada 2010. Angka tersebut bisa bertambah hingga 10 kali lipat kecuali manajemen limbah internasional ditingkatkan.

Semoga Indonesia juga bisa mengikuti langkah berani seperti Perancis dan negara lainnya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa plastik merupakan sampah yang paling sulit di daur ulang. Harus dilakukan langkah yang benar-benar berani untuk memberantas atau mengurangi penggunaan plastik ini. Lalu, kita sebagai individu perorangan ada baiknya juga mulailah mengurangi penggunaan plastik demi masa depan bumi kita dan anak cucu kita mendatang.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top