Sabtu, 23 September 2017 00:12

MENGAPA TAK ADA WAKIL DARI INDONESIA DI AJANG VISSLA ISA WORLD JUNIOR SURFING CHAMPIONSHIP?

Kompetisi VISSLA ISA World Junior Surfing Championship akan segera digelar di akhir pekan ini di Hyuga, Jepang.

Kompetisi besar ini diketahui akan diikuti oleh 308 surfer junior terbaik dari 41 negara. Banyaknya negara yang berpartisipasi merupakan rekor terbaru bagi ISA World Junior Surfing Championship yang tahun ini menginjak ke tahun 38. Namun kembali kami dirundung pertanyaan besar, mengapa Indonesia tidak turut berpartisipasi?

Seperti kita tahu bahwa kompetisi ini diadakan di Jepang yang mana masih satu benua dengan negara Indonesia. Tetapi sungguh miris mengapa pihak Indonesia tidak mengirimkan satupun wakil untuk bertarung. Terlebi ini dipanggung surfing sekelas ISA yang mana ISA merupakan organisasi yang berandil besar dalam pengadaan surfing di Olimpiade 2020 di Tokyo mendatang.

Tak adanya wakil Indonesia di kompetisi ini tentunya kembali mengundang kecurigaan besar, bahwa pemerintah masih sangat cuek dengan olahraga surfing dalam negeri.

Sudah bukan rahasia umum lagi di kalangan para surfer profesional Indonesia yang memang mengakui bahwa pemerintah masih kurang memperhatikan olahraga selancar ini. Entah mengapa, sulit sekali mendapatkan dukungan yang penuh agar membuat dunia surfing Indonesia semakin berkembang. Sebagai bukti nyata, hingga saat ini pun belum ada atlet surfing yang dibawah naungan pemerintah atau di sponsori oleh pemerintah. Kebanyakan dari mereka di sponsori oleh pihak swasta. Bukti lainnya ditegaskan dari belum adanya kompetisi surfing yang digelar oleh pemerintah. Beberapa kompetisi surf yang digelar di Indonesia biasanya diprakarsai lagi-lagi oleh pihak swasta atau pemerintah daerah.

Hal ini sesungguhnya harus benar-benar diatasi oleh pemerintah. Jika mereka mau mendukung penuh surfer-surfer Indonesia, kami percaya surfing Indonesia dapat lebih maju dan tak kalah dengan negara-negara lain seperti Amerika, Australia ataupun Brazil. Terlebih jika kita lihat begitu banyak surfer potensial di Indonesia yang beberapa kali kerap memenangkan kompetisi bertaraf Internasional. Bukan hanya surfer potensial yang kita miliki, pemerintah Indonesia harus juga menyadari bahwa surfing merupakan permata bagi negara dimana kita didukung dengan beragam ombak yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

 

 

Untuk info tentang ISA World Junior Surfing Championship, kalian bisa klik link berikut ini : isaworlds.com/juniors/

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top