Senin, 15 Agustus 2016 13:57

HIU GREENLAND, HIU YANG DAPAT BERTAHAN HINGGA 400 TAHUN

Kenali spesies hiu yang satu ini, dapat hidup lebih dari 4 abad..

Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Sains, oleh University of Copenhagen, mengukur usia beberapa hiu Greenland, yang tertangkap oleh kecelakaan dalam memancing. Salah satunya memiliki panjang 5,02 meter dan diduga telah hidup selama 392 tahun. Ini setara dengan  seseorang yang lahir pada tahun 1624...Dengan demikian, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hiu Greenland adalah salah satu hiu terbesar di dunia dan vertebrata tertua di bumi yang dapat hidup lebih dari empat abad.

Hewan yang menjelajah perairan dingin Arktik ini dapat ditemukan di kedalaman antara 132 dan 1200 meter, hiu ini adalah predator puncak dan di dalam perut mereka telah ditemukan anjing laut dan spesies hewan lainnya. Bisa dibilang hewan ini adalah hewan yang dapat bertahan hidup terpanjang melihat umur panjang yang abnormal dari spesies lainnya bahkan melebihi hewan yang berumur panjang lainnya. Hiu ini memiliki pertumbuhan yang lambat, yaitu sekitar satu sentimeter per tahun.

Penelitian ini didasarkan pada teknik penanggalan radiokarbon. Untuk sampel dari lensa mata para hiu ini dimana tim menganalisis 28 betina hiu Greenland yang sengaja dipancing dari habitat mereka antara tahun 2010 dan 2013.

Hiu ini hanya dapat hidup di perairan dingin atau es, jadi untuk di lautan Indonesia itu akan mustahil bisa menemukan hiu spesies ini.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top