Item terkait

Sabtu, 27 Februari 2016 06:42

TAI "BUDDHA" GRAHAM : 10 TAHUN MENCINTAI BALI

Perjalanan seorang pria Australia di Indonesia..

Jika kamu seorang surfer, dan sering berselancar di Bali, bisa jadi kamu tahu siapa sosok yang akan kami bicarakan ini. Namun pasti ada beberapa diantara kalian belum tahu siapa dia. Seseorang yang sangat berani dan inspiratif dengan perjalanannya di Indonesia.

Ia adala Tai "Buddha" Graham. Pria asal Gold Coast Australia yang mempunyai segudang cerita yang patut kalian simak. Pria ini pernah menjadi professional surfer, hingga kemudian menjajal menjadi pemandu wisata Bali, lalu kini menjadi owner surfbar super rame bernama single fin di Uluwatu dan itu semua sudah ia lewati kurang lebih selama 10 tahun dari mulai ia memutuskan meninggalkan kota kelahirannya Gold Coast dan berhijrah ke Bali, Indonesia.

Pindah ke Negara lain bukanlah hal yang mudah. Apalagi memulainya dari nol hingga bisa sukses seperti ini. Ia pertama kali datang ke Bali pada tahun 80an ketika ia masih kecil. Ibunya sudah pindah ke Bali lama sejak berpisah dengan ayahnya. Pada awalnya ia berpikir, apa sih tempat in? Namun, budaya Bali ternyata memiliki kesamaan dengan budaya suku Maori dimana ia tinggal. Jadi ia merasa tinggal dirumah yang jauh dari rumahnya yang sebenarnya. Kemudian ia mulai intens ke Bali ketika liburan sekolah dan 10 tahun yang lalu ia memutuskan untuk pindah dan full di Bali. Meskipun ia pindah dengan bermodalkan pas pasan. Buddha suka cara hidup santai namun sibuk disini dan bisa menunggangi ombak 8 kaki semau saya.

Ketika memutuskan pindah, tak sepenuhnya mudah. Seperti transisi apapun, itu semua butuh waktu. Ketakutan gagal terkadang menghantuinya. Kala itu Buddha mempunyai mentor yang terus memacunya untuk mengejar mimpinya dan berjanji akan berinves di usahanya nanti. Namun di menit terakhir, sang mentor tidak jadi berinves, dan membuat Buddha sempat down. Menurut Buddha, itu merupakan hal yang terbaik yang terjadi padanya, karena jika ia mencapai terlalu mudah, akan membuat ia lupa akan pentingnya bekerja keras dan menghargai usaha dan fokus. Dan memiliki hanya beberapa uang di saku juga yang membuatnya kreatif dan berpikir keras.

Sukses di Negara orang, inilah yang dirasakan Tai "Buddha" Graham. Kini ia memiliki Bar di puncak Uluwatu dengan nama Single Fin yang hampir setiap hari padat pengunjung. Buddha mengatakan, jika ingin sukses, hal yang paling penting adalah mengikuti apa yang kamu suka dan beranikan diri untuk mempelajari sesuatu yang baru. Seperti halnya dirinya yang mencintai surfing, musik yang membuatnya berpikir untuk membuka surfbar dengan balutan musik, surfshop dan semuanya saling berkaitan. Dan mempelajari hal baru yakni mempelajari bisnis bar yang memang belum pernah sama sekali ia ketahui.

Kini Tai hidup di Bali dengan kedamaian, dimana ia sudah aman memiliki bisnisnya sendiri dan juga dimana ia bisa kapan saja menikmati sesi surfing di ombak luar biasa Bali.

 

 

 

 

 

 

Cam - Cimaja Live

Scroll To Top